Pantangan makanan batu ginjal dan makanan yang baik bagi ginjal

Posted by aceng ilin On Kamis, 30 Maret 2017 0 komentar
Pantangan makanan batu ginjal dan makanan yang baik bagi ginjal ~ Penyakit batu ginjal merupakan penyakit yang ditunjukkan dengan adanya kandungan batu berbentuk kristal yang keluar bersama urin. Kristal yang terus terbentuk dalam saluran sistem kemih bisa menjadi penghalang untuk aliran urin sehingga urin tidak bisa keluar total dari sistem kemih. Bahkan pada kondisi tertentu bisa menyebabkan infeksi pada bagian sistem kemih, saluran kemih, dan ginjal.
anjuran makanan penderita batu ginjal , makanan atau minuman penyebab batu ginjal , makanan apa yang menyebabkan batu ginjal , makanan anti batu ginjal , makanan buat batu ginjal , makanan bagi batu ginjal , makanan baik untuk batu ginjal , makanan pantangan bagi batu ginjal , makanan buat penyakit batu ginjal , makanan bagi penyakit batu ginjal , makanan buat sakit batu ginjal
Penyakit ini akan menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman sehingga penderita sering membutuhkan perawatan. Tapi ini termasuk jenis penyakit yang masih bisa diobati pada tahap awal sebelum infeksi merusak ginjal atau menyebabkan gagal ginjal. Resiko terbanyak penyakit batu ginjal lebih banyak terjadi pada perempuan.

Menjadi sebuah keharusan bagi anda yang divonis menderita sebuah penyakit berat untuk melakukan diet atau menyeleksi asupan makanan dalam tubuh. Begitupun bagi anda penderita penyakit ginjal. Ginjal yang merupakan organ vital dalam tubuh sangat mempengaruhi kondisi kesehatan kita selama kita hidup. Cara mengobati batu ginjal secara alami

Jenis makanan untuk penderita penyakit ginjal wajib anda hindari dan makan yang baik di makan. Berikut adalah beberapa pantangan makanan batu ginjal:

1. Konsumsi Kedelai dan Kacang-kacangan

Kedelai dan semua jenis kacang-kacangan bisa menyebabkan produksi asam oksalat yang cukup tinggi dalam tubuh. Makanan yang mengandung asam oksalat tinggi bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal menjadi lebih parah. Asam oksalat sangat berbahaya karena bisa mengikat kalsium dan menyebabkan kondisi batu ginjal menjadi lebih parah. Tapi sumber makanan kedelai yang telah difermentasi tetap diperbolehkan dalam jumlah yang kecil.

2. Konsumsi Tomat

Tomat mengandung asam asam oksalat sehingga bisa menyebabkan tingginya kadar kalsium dalam tubuh. Makanan yang mengandung kalsium kemudian tidak terpakai oleh tubuh, akan sangat rentan dengan pembentukan batu ginjal. Semua jenis produk yang mengandung tomat dan berasal dari tomat sebaiknya dihindari.

3. Konsumsi Sayuran Berdaun Gelap

Sayuran yang memiliki warna daun hijau seperti bayam, kacang panjang, dan jenis sayur lain juga banyak mengandung asam oksalat. Kadar asam oksalat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penumpukan jumlah kalsium dalam tubuh sehingga sangat berbahaya untuk penderita batu ginjal.

4. Konsumsi Daging Merah

Daging merah merupakan makanan yang mengandung protein tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Hal ini disebabkan karena pemecahan protein bisa menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras, sehingga ada banyak racun yang harus disaring oleh ginjal. Selain itu, bahan makanan ini juga bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga menyebabkan resiko batu ginjal menjadi lebih tinggi.

5. Konsumsi Ikan

Ikan mengandung protein dalam jumlah yang tinggi sehingga bisa meningkatkan jumlah kalsium dan penyebab asam urat tinggi dalam tubuh penderita batu ginjal. Ikan mengandung zat purin yang dapat dipecah menjadi asam urar dan masuk ke dalam urin. Makanan ini bisa menyebabkan produksi asam urat yang berlebihan sehingga bisa menyebabkan resiko yang lebih berat untuk penderita batu ginjal.

6. Konsumsi Produk dari Susu

Produk susu merupakan salah satu bahan minuman yang harus dihindari oleh penderita batu ginjal. Hal ini disebabkan karena susu mengandung kalsium yang bisa meningkatkan resiko batu ginjal. Susu juga mengandung beberapa komponen seperti kalsium, magnesium dan kalium. Ketiga mineral ini sangat berbahaya karena bisa mengembangkan batu ginjal yang lebih parah.

7. Konsumsi Minuman Berkarbon dan Manis

Semua jenis minuman yang mengandung pemanis, gula dan bahaya minuman bersoda juga harus dihindari oleh penderita batu ginjal. Minuman manis merupakan pantangan batu ginjal karena bisa meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Selain itu, minuman bersoda mengandung kadar kalsium, asam oksalat, kreatinin, dan natrium yang tinggi. kombinasi berbagai zat ini bisa meningkatkan resiko penyakit gagal ginjal.

8. Makanan Mengandung Natrium dan Sodium

Makanan yang mengandung natrium (garam) dan sodium adalah jenis makanan yang harus dihindari oleh semua penderita batu ginjal. Sejumlah makanan yang mengandung senyawa ini bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga berpengaruh untuk kondisi batu ginjal.

9. Minuman Berkafein

Berbagai jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh sangat dilarang untuk penderita batu ginjal. Bahaya kafein tersebut karena jenis minuman ini stimulan yang bisa menyebabkan gangguan untuk sistem pembuluh darah dan menekan ginjal bekerja lebih berat.

Baca juga: Cara mengobati batu ginjal secara alami

Ginjal yang sehat akan menghasilkan tubuh yang sehat dan ginjal yang tidak sehat akan menghasilkan tubuh yang tidak sehat.Untuk membantu pengobatan, makanan bagi penderita ginjal juga harus diseleksi atau dipilih. Inilah makanan yang cocok bagi penderita penyakit ginjal:

1. Bawang Putih

Bawang putih menjadi satu bahan yang baik dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Memang tidak sulit menemukan bahan makanan ini di berbagai menu makanan. Namun silahkan perbanyaklah jumlah bawang putih dalam menu makanan diet anda yang menderita penyakit ginjal. Karena bawang putih dapat mencegah proses oksidasi juga pembekuan darah. Selain itu bawang putih yang tidak terlalu diolah dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan menghindari peradangan. Disarankan untuk memakannya mentah – mentah.

2. Kecambah/Touge

Penderita penyakit ginjal tidak boleh sembarang mengkonsumsi sayur. Tapi touge bisa menjadi salah satu sayur yang dapat dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Touge atau kecambah dapat membantu membersihkan ginjal dan menghindari pembentukan batu ginjal. Disarankan untuk dikonsumsi dalam bentuk mentah dan tidak diolah menjadi apapun. Tenang, rasa touge cukup nikmat bila belum diolah.

3. Bawang Merah

Tidak hanya bawang putih, bawang merah juga baik bagi penderita ginjal. Bawang merah dapat menjadi penghilang racun dalam tubuh dan membersihkan ginjal. Selain itu bawang merah juga dipercaya dapat menjadi obat bagi penderita batu ginjal. Anda bisa mengkonsumsi bawang merah dengan cara dimakan langsung atau dicampurkan dalam makanan.

4. Paprika Merah

Para ahli ksehatan banyak yang menyarankan untuk memasukan bahan makanan yang satu ini ke dalam menu makanan kita sehari – hari. Sebab paprika berwarna merah dapat membatu meringankan penyakit ginjal dan jga mencegah penyakit kanker tumbuh dalam tubuh kita. Paprika merah tidak begitu banyak mengandung kalium seperti parika waarna lainnya. Sayuran ini juga mengandung serat, asam folat, Vitamin A, Vitamin B6, dan Vitamin C

5. Minyak Zaitun

Ada banyak jenis minyak yang dapat dikonsumsi tetapi minyak dari buah zaitunlah yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Minyak zaitun mengandung anti-inflamasi, anti-oksidan, juga asam lemak di mana membantu menyehatkan organ ginjal. Masaklah menggunakan minyak ini.

6. Kubis/Labu

Kubis atau labu juga menjadi makanan yang cocok bagi penderita penyakit ginjal. Kubis mengandung banyak vitamin dan dapat menjadi karbohidrat yang baik. Kubis memiliki manfaat sebagai peningkat fungsi ginjal dan membuat ginjal menjadi lebih sehat. Karena penderita penyakit ginjal lebih baik menghindari nasi, ubi, kentang, gandum, maka kubis dapat menjadi karbohidrat pengganti.

7. Aneka Rempah – Rempah

Tidak nikmat rasanya bila menyantap makanan tanpa rempah – rempah. Meski penderita penyakit ginjal sangat dibatasi dalam menyantap makanan dan jumlah kalori, tetapi makanan yang dikonsumsi masih dapat dicampur dengan aneka rempah – rempah. Khususnya jahe, kunyit, dan ketumbar. Di mana ketiga rempah – rempah tersebut memiliki fungsi memurnian darah, membersihkan ginjal, dan menjaga kesehatan ginjal.

Selain menghindari dan mengkonsumsi jenis makanan di atas ada baiknya anda juga melakukan pengobatan dengan mengunakan obat herbal. Karena selain harganya lebih murah pengobatanyapun tanpa efek samping.

anjuran makanan penderita batu ginjal , makanan atau minuman penyebab batu ginjal , makanan apa yang menyebabkan batu ginjal , makanan anti batu ginjal , makanan buat batu ginjal , makanan bagi batu ginjal , makanan baik untuk batu ginjal , makanan pantangan bagi batu ginjal , makanan buat penyakit batu ginjal , makanan bagi penyakit batu ginjal , makanan buat sakit batu ginjal
anjuran makanan penderita batu ginjal , makanan atau minuman penyebab batu ginjal , makanan apa yang menyebabkan batu ginjal , makanan anti batu ginjal , makanan buat batu ginjal , makanan bagi batu ginjal , makanan baik untuk batu ginjal , makanan pantangan bagi batu ginjal , makanan buat penyakit batu ginjal , makanan bagi penyakit batu ginjal , makanan buat sakit batu ginjal

0877 2451 6111 (call/sms)
0821 3861 5111 (call/sms/whatsApp)

Alhamdulillah produk herbal dari denature indonesia sudah memiliki ijin dari kementrian kesehatan, sudah mendapatkan ijin edar dan sudah memenuhi standar CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik ) dari BPOM. 

Pencegahan batu ginjal
Cara mencegah batu ginjal sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu minum cukup air putih tiap hari dan membatasi konsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang mengandung zat-zat yang berpotensi menyebabkan terbentuknya batu ginjal, seperti zat oksalat, suplemen kalsium, dan protein hewani.  Baca: Obat batu ginjal tradisional manjur

0 komentar:

Posting Komentar